Sunday, August 30, 2009

Bang Somad dan Bank Syariah

Bang Somad, begitu orang memanggilnya. Putra asli betawi ini sehari - hari bekerja sebagai seorang tukang ojek di kawasan Jakarta Selatan. Sudah beberapa tahun terakhir Bang Somad berjuang menghidupi istri dan tiga orang anaknya dengan menawarkan jasa "antar - jemput" sekaligus jasa solusi "pemecah kemacetan" Jakarta kepada para karyawan atau siapapun yang mengejar waktu di tengah parahnya kemacetan Ibukota. Dengan modal sepeda motor bebek sederhana yang dibelinya secara kredit beberapa tahun lalu, Bang Somad setia mengantar para pelanggannya setiap pagi sampai menjelang matahari terbenam. Hari ini saat usianya sudah lebih dari setengah abad dan kondisi sepeda motornya sudah semakin tua di makan jaman, Bang Somad mulai memikirkan untuk "pensiun" dan mencari alternatif sumber penghasilan lain. "Hare gene, tukang ojeh deh makin banyak dek, mude-mude lagi, lah aye mah deh tue, deh kalah gesit ma ntu bocah-bocah" begitu seloroh Bang Somad dengan logat betawinya yang kental ketika di tanya alasannya untuk "pensiun".

Salah satu sumber penghasilan pengganti yang dilirik oleh Bang Somad adalah dengan membuka tempat cucian motor sekaligus bengkel kecil-kecilan di depan rumahnya. Tetapi seperti kebanyakan orang Bang Somad juga kesulitan dalam hal permodalan. "Aye sih pengennya buka tempat cuci motor, tapi pegimane ye, modal kagak gablek.." ucap Bang Somad suatu ketika. Suatu hari, Bang Somad bertemu dengan seorang Ustadz di Mesjid dekat rumahnya dan "curhat" tentang hal ini. "Bang Aji, aye deh cape narik ojek..pengennya si buke cuci motor..gimane ye menurut Abang? ape Abang punye uang lebih yang bise aye pinjem tuk modal?" tanya Bang Somad kepada Ustadz yang biasa disebut Bang Aji. "Wah Mad, aye juge gak gablek duit jadi mane bise aye kasih ente pinjem" Begitu imbuh Bang Aji.."Tapi Mad, kenape ente gak coba pinjem ma IB ?, aye denger mereka lagi getol nyalurin kredit noh.." sambung Bang Aji. "IB? tinggal dimane tuh orang? anak kampung sini Bang?" Tanya Bang Somad dengan keluguannya. "Lah..IB itu Bank Syariah...bukan anak kampung sini..coba deh loe ke daerah mampang sono..trus ente liat gedung yang ade tulisan IB nye..." Bang Aji coba menjelaskan. "Oooh..Bank Syariah...tapi emang mereka mau minjemin modal ke orang kaya aye Bang?" Timpal Bang Somad masih dengan muka bingung. "Ente coba aje...aye denger mereka getol ngasih pinjeman ma orang kecil kaya kite Mad" Bang Aji menerangkan dengan sabar. "Oh gitu ye Bang....iye deh aye coba dulu..makasih Bang Aji..salamualaikum!"

Beberapa bulan kemudian, ketika Bang Aji melewati rumah Bang Somad, dia terkejut ketika melihat di depan rumah Bang Somad banyak orang yang datang untuk mencuci motor. "Assalamualaikum Somad...wah ente deh sukses sekarang?" Teriak Bang Aji.."Walaikum salam Bang Aji...wah alhamdulillah Bang..berkat saran Abang, aye dapet kredit lunak dari si IB eh Bank Syariah..." jawab Bang Somad sambil meletakkan keran air di tangannya. "Proses nya mudeh, cepet dan bagi hasilnya juga ga mencekik aye...IB emang top deh Bang Aji" sambung Bang Somad dengan semangat. "Wah syukur deh Mad...aye turut seneng.." kata Bang Aji.

Cerita di atas merupakan ilustrasi sekaligus harapan kita semua terhadap IB - Bank Syariah. Dengan maraknya pertumbuhan Bank Syariah, banyak rakyat Indonesia terutama masyarakat kelas bawah menaruh harapan agar mereka juga bisa merasakan manfaat dari Bank Syariah terutama dalam fungsi financial intermediari nya..di mana dana yang di amanatkan oleh pihak surplus dapat disalurkan dengan tepat guna kepada pihak yang defisit. Semoga kisah ini bisa memotivasi para banker syariah untuk semakin giat menyebarkan rahmat kepada semesta alam dan sekaligus menciptakan lebih banyak Bang Somad.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa...

No comments: